Kamis, 13 Oktober 2011

Perkenalan GUI


SOFTWARE          
Software adalah suatu system yang menghubungkan suatu computer(Hardware) dengan User(pengguna) agar dapat tercipta seuatu system yang dapat di berfungsi sesuai kemauan User. Sistem OperasiSistem Operasi adalah Sistem dasar di mana Sofware –Sofware dapat beroperasi dalam sebuah computer atau elektronik lainya. Saat ini hamper semua system operasi menganut fungsi GUI (Grapical User Interfance), di mana  dapat mempermudah User dalam mengoperasikan suatu computer. Contoh fungsi GUI adalah Pointing device dengan perangkat berupa mouse. GUI pertama kali diperkenalkan oleh Windows pada tahun 1990. Dengan produknya dengan nama Windows 95 dan dilanjutkan dengan Windows 98,Windows NT,Windows ME.Windows 2000,Windows XP,dan Windows Vista. Windows menawarkan fungsi berupa Plug n play.di mana User dapat menginstal/ Uninstal hard ware dengan mudah. Word prosesing Sofware Word prosesing Sofware adalah sebuah software yang memungkinkan User membuat suatu karya tulis dengan beberapa fungsi seperti merubah bentuk huruf ,warna,dll.User juga di berikan kemudahan dalam membuat suatu karya tulis dengan fasilitas Spell Checking, kamus Online dan juga beberapa gambar yang tersedia untuk dapat disisipkan dalam karya tulisnya.  Spreadsheet Software Spreadsheet Software adalah sebuah software yang memudahkan User dalam membuat perkerjaan yang berkaitan dengan table dan database seperti akuntansi,statistic,dll. Program ini memungkinkan User memasukan data – data  dengan mudah seperti rumus,formula yang sudah di sediakan oleh software tersebut. Contoh spreadsheet Sofware yang popular saat ini adalah Microsoft EXCEL.  Presentation Software  Presentation Software adalah sebuah sofwre yang mempermudahkan User dalam membuat Slide – Slide presentasi. Sofware tersebut memungkinkan User mengunakan fasilitas berupa peyisipan gambar, background, effect –efect transisi,animasi. User juga dapat mempresentasikan slide –slide tersebut langsung dari computer dengan mengunakn projector. 
Fungsi GUI
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
(5). Pembuatan website
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
JAVA GUI
JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user. Banyak sudah aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI sebagai nilai penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras juga termasuk di dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user interface dengan mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar